Google AdWords Solusi Pemasaran Bisnis -- Google AdWords adalah jaringan periklanan yang ditawarkan oleh Google Inc. Google AdWords merupakan produk periklanan yang menggunakan strategi pemasaran melalui mesin pencari Google, atau bisa disebut SEM (Search Engine Marketing) atau pemasaran berbasis mesin pencari.
Menurut informasi yang Saya dapat dari berbagai laman Google, saat ini Google AdWords telah mengeluarkan 3 model sistem periklanan. Tapi yang paling banyak digunakan pengiklan ada dua model iklan, yakni sistem CPM (Cost Per Mile) dan sistem CPC (Cost Per Click) selebihnya adalah CPA (Cost Per Acquisition)
1. Sistem CPM
Sistem CPM merupakan model periklanan berdasrkan tayangan atau imperesi per seribu. Artinya, pengiklan akan membayar produk yang di iklankan melalui Google berdasarkan per seribu tayangan atau setiap iklan tersebut tayang.
Apabila Anda ingin sekedar memberitahu dunia mengenai bisnis Anda, sistem inilah yang cocok untuk pemasaran bisnis Anda.
2. Sistem CPC
Sistem CPC atau yang biasa dikenal PPC merupakan model periklanan berdasarkan klik atau per klik. Artinya pengiklan hanya membayar, jika produk iklan tersebut di klik oleh pengguna internet. Jadi, jika setiap produk iklan yang tayang tak ada yang melakukan klik, pengiklan tidak perlu membayar biaya tayangan iklan tersebut.
Apabila tujuan Anda beriklan untuk mendatangkan pengunjung situs bisnis / toko online Anda, maka sistem PPC inilah yang sesuai untuk Anda.
3. Sistem CPA
Sistem CPA ini hampir mirip dengan CPC. Bedanya, pihak Google sendiri akan membantu konversi / tindakan yang Anda harapkan.
Dulu, konversi ini memiliki makna pembelian, namun sekarang menjadi lebih luas. Konversi bisa berarti pembelian, registrasi, berlangganan dan lain sebagainya.
Apabila Anda fokus pada konversi, maka sistem CPA inilah yang paling tepat untuk bisnis Anda.
Cara Iklan Tayang
Saat ini Google AdWords menggunakan beberapa model penayangan, berikut diantaranya :
1. Google Search
Cara tayang iklan di Google Search sangat tergantung pada keyword / kata kunci. Dimana iklan akan muncul di halaman hasil pencarian / SERP (Search Engine Result Page) jika ada pengguna internet yang melakukan penelusuran menggunakan kata kunci yang relevan dengan kata kunci iklan.
2. Google Display Network
Cara tayang iklan ini juga sama, sangat tergantung dengan keyword. Yang membedakannya adalah, iklan ditampilkan pada situs-situs yang telah tergabung dalam jaringan Google Display Network. Yaitu situs-situs yang telah terdaftar di Google Adsense dan memasang unit iklan pada situsnya.
Google Adsense sendiri adalah platform Google yang menjembatani iklan untuk di tampilkan oleh situs penerbit iklan.
Keuntungan Beriklan Di Google AdWords
Sangat banyak keuntungan yang bisa Anda raih untuk bisnis Anda beriklan di Google AdWords. Berikut diantaranya :
1. Membuat Bisnis Mudah Ditemukan Konsumen
Saat ini semua pengguna internet bisa dikatakan menggunakan Google Search untuk melakukan penelusuran. Secara teori apabila Anda memasarkan bisnis melalui Google AdWords, bisnis Anda akan terlihat calon konsumen Anda.
2. Laporan Sepanjang Waktu
Anda dapat melihat kinerja iklan kapan pun Anda mau dengan cara masuk ke akun Google AdWords Anda. Selain itu Google AdWords juga akan mengirimkan ringkasan bulanan berisi statistik dan angka utama penting kepada Anda.
3. Memiliki Kontrol Penuh
Anda dapat membuat iklan sendiri. Google AdWords memberikan kebijakan pada Anda sebagai pengiklan, untuk menyesuaikan iklan bisnis Anda sendiri. Anda juga bisa mencoba penelusuran baru, menunda / menjeda iklan dan memulai kembali kapan pun Anda inginkan.
4. Minim Kegagalan
Google AdWords menggunakan alarm tingkat tinggi untuk mendeteksi kegiatan tidak sah penerbit iklan. Jika terjadi kegiatan tidak sah yang mencakup klik dan tayangan, Google AdWords akan mengembalikan tagihan.
5. Kontrol Jangkauan
Google AdWords memberikan Anda kebebasan untuk mengontrol jangkauan iklan Anda. Sehingga Anda bisa menargetkan iklan Anda pada negara, kawasan atau kota tertentu. Jika Anda memiliki bisnis lokal, berarti Anda bisa saja hanya membidik wilayah bisnis Anda berada.
6. Masih sangat banyak keuntungan beriklan di Google AdWords, Anda bisa membuktikannya sendiri
Kekurangan Google AdWords
Google AdWords hanya melayani pembayaran melalui kartu kredit. Yang mana, hal ini tentu saja membuat bingung yang tak punya kartu kredit.
Bagaimana Cara Beriklan Di Google AdWords?
Untuk cara memasang / membuat iklan melalui Google AdWords, langkah pertama yang perlu Anda perhatikan adalah membuat situs web / blog. Situs web / blog ini nantinya akan berfungsi sebagai landing page / laman landas bisnis Anda.
Untuk langkah kedua silahkan kunjungi
https://adwords.google.com, selanjutnya Anda bisa menerka sendiri apa yang perlu Anda lakukan, jika masih bingung silahkan pelajari laman bantuan /
support Google AdWords
Demikian artikel mengenai
Google AdWords Solusi Pemasaran Bisnis Anda. Ada yang ingin Anda sampaikan? Tulis pada kolom komentar.